Pengertian
HCI
HCI (Human Computer
Interaction) adalah studi yang mempelajari hubungan interaksi antara
manusia,komputer dan penugasan. Prinsipnya bagaimana manusia dan komputer dapat
secara interaktif menyelesaikan penugasan dan bagaimana sistem yang interaktif
tersebut dapat dibuat. HCI juga merupakan suatu displin ilmu yang mengkaji
komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem. Peran utama HCI
adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang berguna, aman, produktif, efektif,
efisien, dan fungsional.
Tujuan HCI
Untuk
menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna (good
usability) melalui desain antarmuka dengan memperhatikan beberapa hal
penting seperti memahami faktor-faktor yang membuat manusia menggunakan
teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang memungkinkan untuk membangun
sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang aman, efektif dan
efisien.
Task Analysis
adalah
metode untuk menganalisis pekerjaan/tindakan seseorang, seperti apa yang
dikerjakan, dengan apa mereka bekerja, apa yang harus mereka ketahui. Contoh :
Dalam rangka membersihkan rumah maka keluarkan penghisap debunya, sesuaikan
semua alat yang harus ditancapkan, bersihkan ruangan, jika kotak debunya sudah
penuh, kosongkan., letakan penghisap debunya dan segala peralatan pembantunya.
Analisis Tugas dan Interaksi Manusia Komputer:
“The Future of Mobile Device Research in HCI”
Implikasi
yang mobile yang perangkat harus dibuat lebih mudah diakses untuk penuaan
populasi,
mereka harus dirancang untuk "situasional gangguan "yang timbul dari
on-the-go digunakan, mereka harus mengadopsi mekanisme masukan fleksibel dan
cepat, dan model yang menggambarkan mereka harus dirubah untuk mengakomodasi
ponsel menggunakan dan perilaku. Ada juga kesempatan untuk menggunakan perangkat
mobile dalam pendidikan komputer dan perawatan medis di negara-negara
berkembang, di mana perangkat mobile lebih umum daripada PC desktop.
Dekade
terakhir telah melihat lonjakan humancomputer off-desktop interaksi karena
penyebaran produktif mobile teknologi. Teknologi tersebut termasuk PDA,
handheld komunikator, pemutar music saku, pager dua arah, kamera digital, jam
tangan pintar, unit GPS, medis dan perangkat pabrik, dan ponsel. Ada juga banyak
perangkat hybrid yang menggabungkan dua atau lebih dari ini perangkat menjadi
satu kesatuan. Seiring dengan munculnya ini perangkat telah datang kebingungan
penelitian HCI pada topic termasuk teknik ponsel input, web genggam penjelajahan,
interface ponsel adaptif, interface yang rentang dari perangkat ke desktop,
perangkat penginderaan, dan banyak aplikasi mobile baru.
Sejauh
ini, penelitian HCI mobile telah difokuskan terutama pada perangkat sendiri:
bagaimana mengakomodasi layar kecil, bagaimana membuat perangkat cerdas,
bagaimana merancang masukan lebih cepat mekanisme, bagaimana membangun lebih
handal komunikasi, dll Dalam sepuluh tahun, kami telah dengan cepat mencapai titik
di mana kita tidak bisa lagi mampu untuk mempertimbangkan perangkat dalam
isolasi, tetapi harus memperhitungkan lebih besar sosial dan faktor kontekstual
sekitarnya penggunaan perangkat mobile. Seperti awal 90-an yang melihat HCI berbasis
desktop melampaui GUI, kita harus mengambil penelitian HCI ponsel di luar
perangkat itu sendiri.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar